Skip to content

Tiang Monorel Bisa Jadi Jalan Layang Bus Transjakarta

July 18, 2012

Sumber: TRIBUNNEWS.COM, 18 Juli 2012

JAKARTA – Ketimbang jadi benda tak bertuan, tiang-tiang monorel di beberapa ruas jalan Jakarta sebaiknya dimanfaatkan untuk menjadi jalan layang khusus bus Transjakarta.

Menurut Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azas Tigor Nainggolan, pembangunan jalan layang bus Transjakarta dapat memanfaatkan tiang-tiang monorel. Dikatakannya, Jakarta sudah mempunyai beberapa kolom yang bisa digunakan sebagai fondasi pembangunan jalan layang bus Transjakata seperti bekas tiang monorel.

“Masalahnya persoalan gantu rugi dan peralihan kepemilikan dari investor swasta ke pemda ini cukup berbelit. Persoalan hukumnya juga rumit, sedangkan kebutuhan jalan layang khusus bagi bus Transjakarta sudah sangat mendesak,” ujar Tigor, Rabu (18/7/2012).

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, M Akbar, menuturkan Dishub DKI sudah melakukan studi kajian terhadap pengalihan jalur monorel menjadi jalur layang bus Transjakarta.

Menurutnya Pemprov DKI sangat serius terhadap rencana tersebut, namun kapan pelaksanaan pembangunan jalur layang diatas tiang bekas monorel belum bisa dijawab.

“Saat ini tahapnya baru pada melakukan studi kajian. Hasilnya sudah ada untuk meneruskan tiang-tiang monorel dialihkan menjadi jalur layang bus Transjakarta,” tuturnya.

From → Jakarta

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: