Skip to content

Bangun MRT, DKI Lakukan Pelebaran Jalan

July 12, 2012

Sumber: INILAH.COM, 12 Juli 2012

Jakarta – Tahapan proyek pembangunan MRT telah berjalan. Tahap awal pelaksanaannya, Pemprov DKI Jakarta sedang melakukan pengerjaan fisik dengan pelebaran Jalan Fatmawati, pemindahan utilitas dan pembangunan kantor proyek.

Terkait dengan proses pelebaran Jalan Fatmawati, Dinas Pekerjaan Umum DKI sudah memulai pekerjaan ini sejak awal Mei 2012 lalu dan akan dilakukan secara bertahap. Pelebaran tersebut dilakukan untuk menunjang pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang akan dibangun di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Ery Basworo, menjelaskan bahwa pelebaran jalan tersebut dimulai dari simpang Jalan TB Simatupang hingga simpang Cipete sepanjang 1,7 kilometer. Menurutnya pelebaran jalan dilakukan di kedua sisi Jalan Fatmawati dan masing-masing sisi dilebarkan antara 1,5-2,5 meter.

“Salah satu tujuan dari pelebaran ini adalah sebagai upaya minimalisasi dampak pembangunan MRT Jakarta. Sekaligus meningkatkan pelayanan lalu lintas di ruas jalan tersebut pada saat MRT Jakarta beroperasi nanti. Juga untuk menyediakan area yang cukup bagi pejalan kaki saat pembangunan berlangsung yang dapat diperlebar saat MRT sudah beroperasi nanti,” kata Ery.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan unit terkait seperti Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Dishub DKI dan telah mendapat arahan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI untuk kelancaran proses pelebaran ini.

Paralel dengan pekerjaan-pekerjaan persiapan di lapangan, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Wishnu Subagio Yusuf menjelaskan saat ini pembangunan MRT Jakarta koridor Selatan – Utara tahap I (Lebak Bulus – Bundaran HI) sudah memasuki tahap final tender kontraktor sipil.

Diharapkannya targetkan pada akhir September-Oktober 2012 sudah dapat dilakukan penandatanganan kontrak dengan kontraktor pekerjaan sipil bawah tanah untuk jarak jalur bawah tanah MRT Tahap I sepanjang kurang lebih 6 km (Sisingamangaraja – Bundaran HI). [bar]

From → MRT

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: