Skip to content

PU: Bangun Jalan Bukan Solusi Atasi Macet

June 25, 2012

Sumber: vivanews.com – 25 Juni 2012

Kemacetan selalu menjadi momok di kota-kota besar di Indonesia.

VIVAnews – Kemacetan selalu menjadi momok di kota-kota besar di Indonesia, seperti di Ibukota Jakarta.

Pemerintah dan pengusaha BUMN maupun swasta terus mencari solusinya, termasuk dengan cara membangun jalan baru seperti jalan layang (flyover) maupun terowongan (underpass) untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Menurut Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, sebetulnya pembangunan jalan baru seperti flyover dan underpass bukan solusi utama dalam mengurangi kemacetan itu. Sebab, jalan yang ada pun sudah cukup.

“Ya, harusnya yang perlu itu adalah masalah transportasinya,” kata dia saat dihubungi VIVAnews.

Djoko menuturkan, tingginya jumlah kendaraan yang melintas di jalan merupakan penyebab utama kemacetan di kota-kota besar di Indonesia. “Mestinya, program pengadaan busway maupun MRT (mass rapid transit) dipercepat pemerintah. Bukannya dengan cara membangun jalan baru,” ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, pengadaan atau produksi kendaraan pribadi, termasuk pemakaiannya di jalan juga perlu dibatasi pemerintah pusat maupun daerah.

Sebelumnya, Kementerian PU mempersilakan pihak operator jalan tol yang ingin menambah jalan baru di ruas yang sudah mereka miliki saat ini. Termasuk, membangun jalan layang kontra arus atau contra flow untuk mengurangi tingkat kemacetan. “Secara teknis, itu (pembangunan dan menambah jalan) boleh-boleh saja,” kata Djoko Murjanto.

Namun, menurutnya, rencana tersebut perlu dikaji secara matang dan mendalam. Sebab, dana yang akan digelontorkan untuk pembangunan ruas tersebut tidak sedikit jumlahnya.

“Kalau mau irit, sebaiknya dibuat pengalihan arus seperti yang sudah dilakukan, yakni memanfaatkan satu jalur sebagai contra flow,” ujar Djoko. (eh)

From → MRT

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: