Skip to content

Pemenang Lelang Konstruksi MRT Diumumkan September

June 5, 2012

Sumber: INILAH.COM – 5 Juni 2012

Jakarta – Usai dicanangkan dimulainya pengerjaan tahap awal pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) pada April 2012 lalu, Pemprov DKI menyatakan proses tender konstruksi MRT Koridor Utara-Selatan Tahap I (Lebak Bulus-Bunderan Hotel Indonesia) sedang dilaksanakan.

Ditargetkan pada September 2012, pemenang tender konstruksi MRT sudah bisa diumumkan, sehingga pelaksanaan konstruksi sudah bisa dilaksanakan pada akhir tahun 2012 atau awal 2013.

Untuk konstruksi PT MRT Jakarta membagi paket pekerjaan fisik proyek MRT menjadi enam paket untuk dikerjakan 6 kontraktor. Paket itu terbagi dalam tiga paket fisik permukaan tanah dan tiga paket fisik bawah tanah. Tiga paket fisik permukaan tanah yaitu cp 101 yang dimulai dari Depo Lebakbulus hingga Fatmawati.

Paket kedua yaitu cp 102 untuk pekerjaan fisik dari Blok M hingga Al-Azhar, dan paket ketiga cp 103 dari Patung Pemuda hingga Senayan.

Untuk paket fisik bawah tanah, PT MRT Jakarta membagi paket pekerjaan fisik cp 104 dari Senayan hingga Istora, paket cp 105 dari Setiabudi hingga Bendunganhilir, dan paket cp 106 mulai dari Dukuhatas hingga Bundaran HI.

MRT tahap I dengan rute Lebak Bulus hingga Bunderan HI sedang dalam proses tender konstruksi. Pemenang tender konstruksi ini akan diumumkan pada September mendatang. Setelah ini selesai, kami sepakat akan melanjutkan pembangunan konstruksi dari Bunderan HI ke Kampung Bandan, kata Fauzi Bowo di Balaikota DKI, Jakarta.

Dalam penerusan pembangunan MRT Koridor Utara-Selatan Tahap II (Bunderan HI-Kampung Bandan), persyaratan keuangannnya sama dengan sistem pinjaman pada pembangunan tahap I. Sehingga tidak perlu membuat perjanjian pinjaman yang baru dengan pihak pemberi pinjaman yaitu Japan International Coorporation Agency (JICA).

Namun ada perbedaannya dengan tahap I. Yaitu jika tahap awal Lebakbulus-Bundaran HI desain dasarya dibuat oleh Kementerian Perhubungan maka tahap kedua nanti, Bundaran HI-Kota, desainnya digarap Pemprov DKI, ujarnya.

Kemudian, untuk Lebakbulus -HI, Pemprov DKI telah sepakat dengan Kementerian Keuangan dan Polri untuk memanfaatkan sebagian lahan milik Sekolah Polisi Wanita dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri di Ciputat. Kedua lahan ini akan dijadikan tempat lansir kereta api MRT. Lahan seluas 1,4 hektar itu juga ke depan untuk kepentingan depo dan pengembangan MRT.[dit]

From → MRT

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: