Skip to content

KA Mamminasata Tiga Koridor

June 5, 2012

Sumber: Seputar Indonesia – 5 Juni 2012

MAKASSAR- Pasca penandatanganan memory of understanding (MoU) percepatan kereta api (KA) di Sulawesi Selatan (Sulsel), tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai merampungkan jalur-jalur yang akan dilalui KA ini

Khusus rute KA Makassar,Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata), dirancang menggunakan tiga koridor yakni koridor barat, tengah, dan timur. Koridor barat terdiri atas dua rute. Jalur pertama dimulai dari Bandara Internasional Hasanuddin-Patte’ne-New Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP)-Tallo-TPM-Karebosi. Sedangkan jalur kedua dimulai dari Karebosi-Jalan Haji Bau- Gedung CCC-Tanjung Bunga- Barombong-Galesong Utara- Galesong Selatan-Takalar.

Untuk koridor tengah menggunakan tiga jalur. Rute pertama dimulai di Maros-Batangase- Bandara Hasanuddin- Sudiang-Pai-Unhas-Graha Pena- Karebosi.Rute kedua mulai dari Karebosi-Jalan Sudirman- Pa’baengbaeng-Gunungsari- Sungguminasa-Sombaopu- Pallangga.Jalur ketiga dimulai dari Shorcut Jalan AP Pettarani hingga ke Pasar Pa’baengbaeng. Selanjutnya di koridor timur dimulai dari Bataengase- Moncongloe-BTP-Kampus Unhas. Selanjutnya dimulai di Graha Pena-PTC-UIN-Unhas Baru-Pallangga dan ketiga dari Pallangga-Limbung-Takalar.

“Panjang KA Mamminasata ini perkirakan 150 kilometer (km) hingga 200 km.Untuk rutenya, sementara kita rampungkan,” kata Kepala Bagian Perencanaan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Jumardi di Makassar kemarin. Jumardi yang juga Satuan Kerja (Satker) Perkeretaapian Nasional ini mengaku, selain merampungkan rute KA, pihaknya juga masih menunggu hasil studi mengenai penempatan stasiun KA di railway Mamminasata.

“Idealnya stasiun KA di perkotaan ada di setiap dua kilometer, jadi kita perkirakan ada 100 stasiun.Tapi untuk jumlah pastinya, kita tunggu hasil perampungan studinya,”ujarnya. Dia menambahkan,KA Mamminasata dipastikan akan menelan anggaran lebih mahal dari KA lintas Makassar-Pare-pare yang memilikipanjang136km. KA di perkotaan lebih sulit melakukan pembebasan lahan dibandingkan jalur daerah. Apalagi proyek KA Mamminasata akan lebih banyak bersinggungan dengan jalan raya.

“KA lintas Makassar-Parepare diperkirakan Rp20 miliar per kilometer. Tapi untuk KA Mamminasata pasti lebih mahal. Karena mulai dari pembebasan lahan hingga rel yang juga mahal karena impor,”pungkasnya. Dia menuturkan, KA Mamminasata dan Makassar-Parepare dipastikan seluruh proyek studinya selesai akhir tahun ini. Kemudian pembebasan lahan akan dimulai awal 2013. Pembangunan KA Mamminasata dilakukan mulai 2015. Studi kelayakan yang memakan waktu empat tahun membuat realisasi pembangunan tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Kajian yang kami lakukan harus mempertimbangkan banyak aspek antara lain masalah lingkungan, potensi ekonomi,hingga operasional,” katanya. PT Insan Mandiri, pemenang tender survei,sudah melakukan survei institusional dengan mengambil data di Dinas Perhubungan,Komunikasi,dan Informatika (Dishubkominfo) Sulsel, serta dinas-dinas perhubungan kabupaten/kota di kawasan Mamminasata.

Kepala Dinas Dishubkominfo Sulsel Masykur Sultan mengungkapkan, keberadaan KA Mamminasata diupayakan tidak akan bersinggungan dengan rute monorel Mamminasata yang digarap PT Hadji Kalla. Kedua proyek transportasi massal ini diharapkan tidak saling mematikan,bahkan bisa saling mengisi satu sama lain. “Kita pastikan menghindari jalur yang saling mematikan dengan monorel. Begitu pun dengan rutenya, pasti berbeda dan saling mengisi,”katanya. wahyudi

From → Makassar

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: