Skip to content

Palembang Bangun Monorel

May 26, 2012

Sumber: Media Indonesia – 20 Mei 2012

PALEMBANG–MICOM: Kota Palembang dalam waktu dekat ini akan membangun monorel untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas kendaraan di kota tersebut.

“Sekarang sedang dilaksanakan studi kelayakan selanjutnya pembuatan desain pembangunan monorel itu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel Sarimuda di Palembang, Minggu (20/5).

Monorel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri atas rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensional.

Menurut Sarimuda, monorel tersebut direncanakan dibangun dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Jakabaring Palembang.

“Pembangunan monorel tersebut memang proyek jangka panjang terutama untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas kendaraan yang sudah terjadi sekarang ini,” kata dia.

Pelaksanaan pembangunan proyek tersebut akan kerja sama berbagai pihak terkait, sehingga diharapkan kereta satu rel tersebut segera terwujud. Yang jelas, sarana perhubungan itu penting dibangun apalagi bila dilihat kondisi Kota Palembang  sekarang ini sudah dipadati kendaraan roda dua dan roda empat.

Ketika ditanya tentang pendanaan sendiri, dia belum bisa menyebutkan karena sekarang ini masih dalam proses studi kelayakan.

Berdasarkan data, jalan di Kota Palembang hampir di setiap ruas mengalami kemacetan arus kendaraan terutama jam sibuk. (Ant/OL-10)

From → Palembang

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: