Skip to content

Monorel Serpong-Bandara Masih di Awang-awang

May 19, 2012

SERPONG,KOMPAS.com – Pembangunan monorel rute Serpong-Bandara yang direncanakan sejak tahun 2010 masih belum menemui kejelasan. Rencana itu masih dikaji dan belum ada kepastian kapan akan mulai dibangun.

“Sampai saat ini perkembangannya masih dalam tahap pengkajian,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan Mursan Sobari Jumat (18/5/2012).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan Dendy Priandana belum bisa memastikan kapan pembangunan monorel tersebut dimulai. Ia berharap rencana pembangunan bisa terealisasi pada tahun 2013. Saat ini pihaknya masih melakukan studi kelayakan rencana pembangunan bersama Provinsi Banten.

“Rencananya 2013, saat ini masih dilakukan studi kelayakan untuk rencana pembangunan monorel Serpong-Bandara,” katanya.

Selain studi kelayakan, rencana itu juga harus melalui proses pembebasan lahan di sepanjang jalur yang akan dibuat. Proses pembebasan lahan ini pun masih belum berlangsung.

Jalur monorel tersebut diperkirakan mencapai 22 kilometer dengan lebar 10 meter. Akan ada 14 titik pemberhentian yang dilewatinya, mulai dari Stasiun Rawa Buntu, Griya Loka (BSD), BSD Junction, WTC Serpong, Alam Sutera, Gading Serpong, Serpong Town Square, Modernland, Tangerang, Mekar Wangi, Stasiun Garuda, serta Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Monorel ini dianggap efektif mengurangi kemacetan di Kota Tangerang Selatan. Nantinya warga dapat menggunakan transportasi massal ini sehingga mengurangi kemacetan di jalur darat. Tak hanya mengurai kemacetan di Kota Tangsel tapi juga Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Sumber: Kompas.com – 18 Mei 2012

From → Jakarta

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: