Skip to content

Besok, 15 APTB Kembali Beroperasi

April 20, 2012

BERITAJAKARTA.COM — 20-04-2012 16:09
Setelah sempat terhenti pengoperasiannya sejak awal April lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, rencananya akan kembali mengoperasikan 15 unit Armada Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) jurusan Pulogadung-Bekasi, Sabtu (21/4) besok. Agar tidak menuai protes, mulai besok, rute APTB ini akan dialihkan. Adapun sasaran APTB ini yakni, warga Bekasi yang sehari-hari menggunakan sepeda motor maupun mobil menuju Jakarta. Sehingga dengan kehadiran APTB, diharapkan dapat mengurai kemacetan di ibu kota.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono menegaskan, mulai pukul 06.00, Sabtu (21/4) sebanyak 15 unit APTB akan dioperasikan kembali. Adapun rute baru yang akan ditempuh yakni, dari Terminal Pulogadung menuju Jl Perintis Kemerdekaan dan Jl Ahmad Yani. Lalu, masuk tol dalam kota arah Cawang dan di Halim masuk tol Jakarta-Cikampek dan keluar di Tol Bekasi Barat. Kemudian, bus langsung menuju Terminal Bekasi. Sedangkan rute sebelumnya, dari Terminal Pulogadung, bus melintasi Jl Raya Bekasi dan masuk tol JORR di cakung. Kemudian masuk tol Jakarta-Cikampek dan keluar di tol Bekasi Timur untuk selanjutnya menuju Terminal Bekasi. Di rute inilah, APTB kerap diprotes oleh awak angkutan kota setempat. “Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya sudah siap mengamankan pengoperasian APTB. Karena pengoperasian APTB ini untuk mengurai kemacetan, khususnya di wilayah ibu kota,” ujar Udar Pristono, Jumat (20/4).

Diungkapkan Pristono, jumlah warga Bekasi yang sehari-hari melakukan aktifitasnya di Jakarta mencapai sekitar 423 ribu. Dari jumlah itu, 51 persen diantaranya menggunkan sepeda motor dan sisanya sebanyak 29 persen menggunakan mobil. Sehingga total pengguna kendaraan pribadi sebanyak 80 persen. Selebihnya sebanyak 16 persen menggunakan angkutan umum jenis bus dan angkot serta sebanyak 4 persen menggunakan angkutan kereta api.

Diungkapkan Pristono, dalam dunia transportasi, kompetisi antar angkutan umum merupakan hal yang wajar. Karena itu, sudah sepatutnya awak mikro bus harus siap berkompetisi secara wajar termasuk dengan keberadaan APTB. Yang perlu digarisbawahi, ditegaskan Pristono, pihaknya tidak sekadar mencari keuntungan saja dalam mengoperasikan APTB. Karena tujuan utamanya yakni, mengurai kemacetan. “Saya yakin, warga Bekasi juga membutuhkan APTB. Dengan APTB mereka bisa melanjutkan kembali perjalanannya ke ibu kota menggunakan bus Transjakarta. Kami berharap, pengoperasian APTB tidak kembali diprotes awak mikro bus lagi,” tandasnya.

Sumber: Berita Jakarta – 20 April 2012

From → Busway

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: