Skip to content

Start Pembangunan Trem-Monorel Molor

April 19, 2012

Monorel untuk penghubung Surabaya Barat dan Timur terkendala viaduk

SURABAYA-Rencana membangun angkutan massal di Surabaya berupa monorel dan trem yang semula diestimasikan start tahun 2012 dimungkinan bakal molor sampai 2013 dan baru teralisasi pada 2015. Sebab proyek itu saat ini baru Detail Engeniring Desain (DED)-nya yang siap dilelang, tapi pelaksanannya sendiri belum apa-apa atau belum siap dilelang.

Terkait dengan itu, Pemkot Surabaya malah baru melakukan feasibilty study (studi kelayakan) atau FS atas dua angkutan massal tersebut. Sementara pembuatan FS itu sendiri membutuhkan waktu lama, sekitar enam bulan hingga satu tahun. Padahal untuk lelang pengadaan proyek itu sendiri juga membutuhkan waktu enam bulan. “Ya, seperti itu keadannya sekarang,” kata Hendro Gunawan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Kamis (5/4).

Meski demikian, kata dia, Pemkot akan terus berupaya mewujudkannya, sebab kebutuhan akan angkutan massal di Surabaya sudah mendesak. “Kami inginnya bisa cepat dan akan kami lakukan secepatnya, tapi semuanya tergantung kondisi di lapangan juga,” tambahnya.

Sedangkan, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, sekarang ini Pemkot sedang menyusun FS-nya. FS itu dikerjakan dua lembaga yang berbeda. Mantan kepala Bappeko tersebut mengungkapkan jika FS untuk angkutan massal besar dikerjakan oleh World Bank. Sedangkan angkutan massal kecil dilaksanakan oleh Cities Development Initiative for Asia (CDAI).

Menurut Risma, butuh waktu lama untuk menyusun FS ini karena pihak World Bank menginginkan hasil yang bagus. Estimasi waktu yang disampaikan pihak World Bank itu minimal enam bulan, bahkan bisa satu tahun.

Risma menyatakan Pemkot dalam dilema sebab keinginannya adalah membangun transportasi massal itu bisa dimulai segera. “Makanya sekarang ini kami sedang nego jadwal itu lagi,” terusnya.

Pihak World Bank sendiri, kata Walikota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini, tidak ingin main-main menyusun FS. Alasannya, jika waktu lebih lama, hasilnya bakal bagus. Hal itu kemudian akan berimbas bahwa proyek yang akan dikerjakan Pemkot layak jual. Artinya banyak pihak yang diharapkan mau menanamkan investasinya.

Investasi itu sendiri, ada beberapa kemungkinan. Investasi itu bisa dilakukan secara kerja sama antara pemerintah dengan swasta, atau kemungkinan dibiayai murni oleh swasta. Hal ini juga sangat terpengaruh pada sistem angkutan transportasi massal apa yang akan dipilih.
Disinggung bahwa Pemkot sudah memutuskan monorel dan trem, Risma membenarkan. Namun keputusan itu bisa berubah setelah melihat hasil FS nanti. Ia menyebut bahwa kemungkinan yang sudah final adalah trem untuk menghubungkan jalur Surabaya Utara dan Surabaya Selatan. Sedangkan monorel untuk penghubung Surabaya Barat dan Surabaya Timur bisa berubah. Alasannya, dalam kajian Pemkot ada kendala signifikan jika monorel yang dipilih.

“Jalur untuk utara-selatan pakai trem. Sedangkan timur-barat akan dilihat lagi. Karena saya sudah ngomong kendalanya bahwa kita punya viaduk yang tua di kawasan gubeng,” terangnya.
Pihak World Bank sendiri sudah menyatakan ada tipe baru selain monorel yang lebih murah. Hanya saja alat transportasi massal apa yang dimaksudkan, Risma juga belum mengetahui. “Katanya ada tipe baru selain monorel dan lebih murah. Tapi aku juga belum tahu barangnya seperti apa. Kalau monorel saya pernah naik, tapi yang dimaksud Word Bank belum” katanya kemudian.

Ditanya kapan realisasi pembangunan angkutan massal itu dia mengatakan, kalau FS dihitung selesai tahun ini, lantas waktu lelang enam bulan, mungkin pertengahan tahun depan baru dibangun. ”Mudah-mudahan tahun 2015 selesai,” jawab Risma. pur

Sumber: Surabaya Post – Kamis, 05/04/2012 | 12:27 WIB

From → Surabaya

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: