Skip to content

Warga Jaksel Boikot Pembangunan MRT Layang

March 5, 2012
Warga Jaksel Boikot Pembangunan MRT Layang
Ilustrasi—ANTARA/Rosa Panggabean/ip

JAKARTA–MICOM: Puluhan warga Jakarta Selatan bertekad memboikot pembangunan MRT layang (elevated MRT) yang rencananya akan dibnagun sepanjang Lebak Bulus hingga Jalan Sisingamangaraja.

“Kami tidak akan menghadiri panggilan dari wali kota, kecamatan, dan kelurahan soal MRT layang. Kami juga tidak akan menandatangani surat apa pun,” ungkap salah seorang warga, Cecep Kurniawan, dalam orasi di depan Gedung Kedutaan Besar Jepang, Jakarta Pusat, Senin (5/3).

Menurut Cecep, saat ini sekitar 237 pemilik ruko sepanjang jalur tersebut belum menyepakati pembangunan MRT layang. Tidak hanya itu, sudah ada 3.500 warga yang menandatangani penolakan pembangunan MRT layang.

“Hanya 14,5% yang menyetujui tapi belum dibayar, sisanya 85,5% belum setuju,” jelasnya.

Warga Fatmawati tersebut menilai pembangunan tersebut hanya akan merusak tata kota dan wilayah serapan. Setidaknya, 100 pohon terancam ditebang sepanjang jalur.

Tak hanya itu, Cecep menilai MRT layang akan menumbuhkan premanisme. Pasalnya, selama ini bangunan layang, baik jalan maupun jalur kereta, menurutnya, justru menjadi lahan parkir, dan pedagang kaki lima.

“Belum lagi pengendara motor sering gunakan jalan layang untuk nongkrong, yang ujung-ujungnya timbul perilaku premanisme,” paparnya.

Menurut Cecep, Gubernur Fauzi Bowo seharusnya dapat mendesain MRT berbentuk subway (bawah tanah) saja. Meskipun lebih rumit, MRT dengan jalur bawah tanah dinilai Cecep lebih efektif memeperkecil kemacetan dan kebisingan.

Cecep juga menilai MRT bawah tanah sekaligus dapat membuat jalur sungai.

“Kalau pakai subway, di jalur lebak bulus-Sisingamangaraja jalurnya akan ditambah satu jalur. Dan tidak akan ada pohon yang ditebang,” tandasnya. (Vni/OL-10)

Sumber: Media Indonesia, 5 Maret 2012

From → Jakarta

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: