Skip to content

Subsidi Monorel Bisa Lebih Banyak dari 13 Koridor Busway

February 14, 2012

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemprov DKI juga mempunyai alasan lain mengapa menghentikan proyek monorel yang sudah tak jelas nasibnya selama tujuh tahun. Selain tak mampu mengganti biaya investasi sebesar Rp 600 miliar, bila sudah berjalan nanti, subsidi monorel bisa lebih banyak daripada subsidi yang diberikan untuk 13 koridor busway.

Hal ini disampaikan Gubernur DKI Fauzi Bowo yang mengatakan berdasarkan kalkulasi, biaya operasional monorel nantinya juga cukup tinggi. Subsidi yang diberikan bisa lebih banyak dari 13 koridor busway yang mencapai Rp 400 miliar. Pria yang akrab disapa Foke ini pun menilai bahwa angka yang dikeluarkan bila proyek tersebut dilanjutkan tidak akan seimbang.

“Proyek monorel tersebut akan kita ganti dengan bus layang. Pokoknya tidak berbasis rel,” ujar Foke, Kamis (22/9/2011).

Foke menuturkan sebenarnya di beberapa negara sudah ada teknologi bus bernama oban yang lebih canggih daripada busway. Oban ini mempunyai jalur khusus dimana bannya dicantelkan dengan mesin penggerak samping. Walaupun lebih maju, Foke memastikan oban bukalah jenis moda yang akan diterapkan di Jakarta.

Seperti diketahui, Pemprov DKI berencana menyiapkan 50 unit bus gandeng sebagai bus layang sebagai pengganti proyek monorel. Pengerjaan proyek bus layang ini diperkirakan dimulai pada awal 2012 dan selesai pada tahun 2014. Bus layang yang akan dibangun ini akan menggunakan jalur melingkar (loop line), berbeda dengan jalur bus Transjakarta saat ini yang menggunakan sistem radial (menyebar).

Sumber: tribunnew.com – 22 September 2011

From → Jakarta

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: