Skip to content

Gerbang Tol Semanggi I Disepakati Akan Ditutup

February 10, 2012

Sumber: Koran Tempo, 10 Februari 2012

JAKARTA — Gerbang Tol Semanggi I dipastikan segera ditutup. Kemacetan lalu lintas di kawasan itu disepakati sudah tak terhindari setiap harinya. “Tidak apa-apa bila ditutup,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman ketika dihubungi kemarin.

Adityawarman mengakui kawasan Semanggi tak layak lagi untuk keberadaan gerbang tol di wilayah itu. Keberadaan Plaza Semanggi, misalnya, membuat lalu lintas semakin sibuk. “Selain itu, jalur bus Transjakarta juga mau tak mau turut mempengaruhi arus lalu lintas di sana,” katanya.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit mengatakan keberadaan gerbang tol tersebut tidak tepat. Jalan menjadi semrawut karena mobil yang datang dari arah Jalan Sudirman harus memotong arah kendaraan lainnya yang melintas lurus di Jalan Gatot Subroto.

Begitu pula dengan kendaraan dari Jalan Gatot Subroto yang hendak masuk Plaza Semanggi, yang akan memotong jalur dari arah Jalan Sudirman. “Di titik itu saja saya biasanya tempatkan 15 personel. Terlalu banyak tenaga,” kata Dwi.

Adityawarman bersedia menutup gerbang itu asalkan Gerbang Semanggi II diperlebar. “Mobil-mobil yang biasa masuk melalui kedua gerbang tol, jika semua dialihkan ke satu gerbang tol saja tanpa menambah gardu, tentu akan jadi titik kemacetan baru,” katanya.

Masalah lain, jika ingin menambah gardu, berarti luas badan jalan harus diperlebar. Ini, menurut Adityawarman, menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo mengatakan telah menerima permohonan penutupan gerbang tol itu. Dia juga menyadari kebutuhan pelebaran di Gerbang Tol Semanggi II jika Semanggi I jadi ditutup.

Karena itu, Dinas Pekerjaan Umum saat ini menunggu keterangan terkait kepemilikan taman kecil di dekat pintu Tol Semanggi II untuk pelebaran jalan. “Taman penghijauan itu punya siapa. Kalau sudah jelas, baru kami bongkar,” katanya sambil menambahkan gardu di pintu Tol Semanggi II, yang sekarang ada dua, akan ditambah lagi dengan dua gardu tambahan.| PINGIT ARIA | AMANDRA MUSTIKA | ANANDA BADUDU

From → Jalan Tol

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: