Skip to content

Akan Digusur, Pedagang Stasiun Cikini Ancam Tutup Jalur KA

February 8, 2012

Jurnas.com | PULUHAN pedagang dan perajin yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pedagang Stasiun Cikini, Gondangdia, dan Juanda, Rabu (8/2) pagi, demo di depan Stasiun Cikini, Jakarta Pusat. Mereka menolak rencana penggusuran lokasi berdagang dengan dalih revitalisasi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Selain melakukan demonstrasi, para pedagang dan perajin beratribut oranye ini juga long march menuju Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Kita minta kebijakannya saja,” kata Koordinator Aksi, Firdaus. Jika sampai permintaan tidak didengar, dan PT KAI tetap melakukan penggusuran, pedagang dan perajin mengancam menutup jalur kereta api di Stasiun Cikini.

Para pedagang dan perajin juga kecewa karena tidak ada sosialisasi terlebih dulu dari PT KAI. Melalui surat 2 Februari 2012, PT KAI meminta para pedagang dan perajin di tiga stasiun itu mengosongkan toko pada 17 Februari 2012. Pada 20 Februari 2012, PT KAI akan melakukan pemugaran di sekitar stasiun-stasiun.

Selama ini, para pedagang mengaku telah membayar uang sewa secara berkala Rp1.250.000 per meter setahun. “Tapi kami tidak diizinkan memperpanjang kontrak sewa yang sudah berakhir 31 Januari 2012 lalu,” kata Firdaus. Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari PT KAI.

Jurnal Nasional mencoba menghubungi Kepala Humas PT KAI DAOPS I, Mateta Rizalulhaq, namun ponselnya tidak diangkat. Pesan singkat yang dikirimkan pun sampai berita ini diturunkan belum mendapat balasan. Jumlah pedagang dan perajin di stasiun-stasiun layang ini berkisar ratusan. Beredar kabar, penggusuran ini bagian rencana mendapatkan sewa lebih besar dari perusahaan waralaba asing.

Sumber: Jurnal Nasional, 8 Februari 2012

From → Jakarta

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: