Skip to content

Maros siap bangun landasan monorel

February 2, 2012

(Sulawesi Selatan)  Pemerintah Kabupaten Maros mendukung rencana pembangunan transportasi massal monorel yang menghubungkan Kabupaten Gowa,  Kota Makassar,  dan Maros.  Menurut Bupati Maros H M. Hatta Rahman,  dalam waktu dekat,  Pemerintah Kabupaten Maros akan membangun median jalan untuk persiapan landasan tiang monorel itu.  “Dimedian itulah nantinya akan ditempatkan tiang monorel sebagai penyangga lintasan kereta,” kata Hatta.

Hatta menjelaskan, rancangan monorel itu akan melintas dari Bandara Sultan Hasanuddin,  Makassar,   sampai ke Terminal Marusu,  di Jalan Andi Pettarani,  Maros.   Jalur tersebut diperkirakan sepanjang 12 kilometer.   “Saat ini dinas terkait sudah mulai bekerja mengukur jalan.” Ia menambahkan,  untuk monorelini,  tidak ada pembebasan lahan.   Sebab,  tidak menggunakan bahu jalan.

Monorel dibangun di tengah jalan.  Menurut Hatta,  pembuatan median itu akan dibiayai oleh pemerintah Maros.   Untuk itu,  pemerintah daerah akan menyediakan dana sekitar Rp 500 juta lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2011.   “Jika dana yang dipersiapkan tidak mencukupi,  pemda akan bermohon ke Gubernur Sulsel dan Balai Besar Jalan Nasional.” Hatta juga mengatakan pula bahwa monorel saat ini sudah menjadi kebutuhan warga Maros karena kemacetan sering terjadi,  terutama di perbatasan Makassar dengan Maros,  khususnya di depan pintu masuk Bandara Sultan Hasanuddin.

Pembangunan monorel Makassar-Maros ini menelan anggaran sekitar Rp 4 triliun,  yang semuanya berasal dari PT Bukaka Teknik Utama sebagai investor.   Anggaran itu digunakan membangun infrastruktur monorel sepanjang sekitar 30 kilometer.   Pembangunan proyek ini akan dimulai pada awal 2012.   Dalam enam bulan ini,  Bukaka akan melakukan studi kelayakan.   Tahap awal,  monorel akan mengambil jalur start di Jalan Jenderal Ahmad Yani,  Makassar,  dan berakhir di Jalan A.P. Pettarani,  Kabupaten Maros.

Sumber: Tender Indonesia – Thu, 04/08/2011

From → Makassar

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: