Skip to content

PT KAI Berlakukan E-Ticketing Mulai Februari 2012

February 1, 2012
PT KAI Berlakukan E-Ticketing Mulai Februari 2012

dok

JAKARTA – Mulai Februari 2012 ini PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menerapkan sistem tiket elektronik (e-ticketing) untuk Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line (CL).

Sistem tiket ini bertujuan untuk menanggulangi penumpang yang tidak membayar atau free rider, dan sistem tiket elektronik KRL nantinya juga akan diintegrasikan dengan layanan tiket bus Transjakarta. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Perusahaan KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, di Jakarta, Rabu (1/2)

Menurutnya, e-ticketing ini merupakan pengganti karcis kertas yang selama ini diberlakukan, dan e-ticketing berupa kartu seperti pada transaksi yang diberlakukan di tol dan tempat parkir yang sudah menggunakan kartu. “Jadi ini alat pembayaran saja mengganti karcis kertas dengan kartu,” ujarnya.

Makmur menjelaskan, fungsi e-ticketing ini sama dengan pulsa pra bayar yang bisa diisi ulang, sehingga dapat memudahkan para penumpang. Isi ulang kartu juga dilayani di lima bank yang ditunjuk untuk menyediakan kartu pembayaran, antara lain di Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank DKI, dan Bank BCA.

“Kartu tiket elektronik yang dinamakan Commuter Electronic Ticketing (Commet) ini akan dijual di stasiun-stasiun, dan sekaligus disediakan tempat isi ulangnya. Jadi penumpang mengisi e-ticketing dan selanjutnya sampai kartunya habis tidak perlu antri di loket,” kata Makmur.

Dia menyatakan, smart card ini tidak perlu digesek dan hanya didekatkan, diatas alat yang disediakan pada jarak 5-7 centimeter pintu pada alat sudah bisa terbuka. “Ini lebih praktis karena masuk di dempet pun tidak usah diambil, pintu juga sudah terbuka. Dompetnya ditempelkan pada alat,” terangnya.

Lebih lanjut Makmur menyatakan, untuk penggunakan e-ticketing ini akan dilakukan bertahap, pada bulan Februari hingga Juli 2012 ini merupakan sosialisasi dan sekaligus mulai pelaksanaan.

“Untuk tahap awal, kita hanya mengganti kartu berlangganan yang kertas itu dengan kartu e-ticketing ini. Fungsi e-ticketing memang belum diberlakukan dulu tapi penumpang sudah bisa keluar masuk,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Arwani Thomafi mengingatkan, PT KAI Commuter Jabodetabek untuk mensosialisasikan dengan baik penggunaan e-ticketing kepada masyarakat pengguna kereta api sehingga tidak mengalami kebingungan dengan adanya sistem baru tersebut.

“Sosialisasi yang baik dan gencar agar pengguna kereta tidak bingung menjadikan stasiun sebagai kawasan restricted area, agar tidak semua orang bisa masuk ke stasiun kecuali yang memiliki tiket,” katanya.

Menurutnya, apabila ini tidak ada penegasan tujuan yang diharapkan tidak akan tercapai. “Jika tidak bisa menjadikan stasiun sebagai kawasan restricted area, ya sama saja. Artinya tujuan pemberlakuannya menjadi sulit di capai,” pungkas Arwani. nof/W-1

Sumber: Koran Jakarta, 1 Februari 2012

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: