Skip to content

Lintasan Liar Kereta Tetap Jadi Ancaman

November 22, 2011

JAKARTA, KOMPAS – Dua siswa Sekolah Menengah Kejuruan Karya Muda, Beji, Depok, Jawa Barat, tewas tertabrak kereta rel listrik. Tubuh Ria Yuliati (16) dan Nuraini(16) terempas ketika tertabrak KRL dari arah Bogor setela melewati pelintasan liar kereta. Tubuh Ria terempas ke sisi kanan jalur kereta, sedangkan tubh Nuraini terbawa kereta bagian bawah hingga 100 meter ke arah Jakarta.

Peristiwa ini terjadi hari Kamis (8/9) pukul 14.00 di perbatasan Kota Depok-Jakarta Selatan, tepatnya di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Saksi mata menuturkan, keduanya bercanda saat melewati pelintasan itu. Sayangnya, keduanya terjatuh ke jalur pelintasan sesaat sebelum kereta lewat.

Saat peristiwa itu terjadi, keduanya masih mengenakan seragam putih abu-abu. Keduanya baru pulang bersama dari sekolah mereka di Jalan Margonda, Gang Kramat Batas, Depok, menuju arah Kelurahan Srengseng Sawah, Jagarkarsa. Ria dan Nuraini melewati pelintasan tanpa rambu yang berada di sisi jalan Depok-Jakarta.

“Mereka anak pintar, saya kehilangan dia. Saya tidak menyangka mereka meninggal secepat ini, tadi baru bertemu di sekolah,” kata Rosalina, guru SMK Karya Muda,ketika ditemui di tempat kejadian.

Rosalina memungut tas kedua siswa tersebut yang masih berisi buku. Di kedua tas siswa tersebut terdaapt bercak darah. Beberapa kali Rosalina meneteskan air mata sambil memungut barang-barang milik siswanya yang naas itu.

Junaidi (19), saksi mata yang juga alumnus SMK Karya Muda, mengataka, keduanya sering menyeberang di pelintasan itu sepulang sekolah. Tidak hanya mereka, warga sekitar juga menggunaka pelintasan ini sebagai tempat menyeberang.

Di Jatinegara, seorang kakek meninggal seketika setelah di tabrak KA Taksaka tujuan Yogyakarta di sekitar kawasan Pasar Burung, Jatinegara, beberapa puluh meter menjelang Stasiun Besar Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis pagi. Korban diketahui bernama Bohari (82), mantan juru penilik jalan kereta yang tinggal di Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur.

Wakil Kepala Stasiun Besar Jatinegara Weddy Hartono, yang dihubungi kemarin, membenarkan bahwa terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal itu.

Sehari sebelumnya, Rabu (7/9), sebuah truk ditabrak KRL di Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Informasi dari Humas Polda Metro Jaya menyebutkan, truk tertabrak KRL karena menerobos palang pintu pelintasan. Akibat peristiwa ini, sopir bernama Kusnadi (28) dan kernet Sumardi (48) terluka parah dan dirawat di Rumah Sakit Cibinong, Bogor.

Sumber: Kompas, Juma’at 9 September 2011

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: